Breaking News
Loading...
Sabtu, 10 Oktober 2009

Cara Kerja Web

Sabtu, Oktober 10, 2009
Untuk mengakses sebuah Informasi pada Internet, seorang user dengan menggunakan sebuah perangkat computer sebagai web client harus terhubung dulu ke jaringan internet. Kemadian user lalu mengetikkan dulu URL alamat web yang akan dikunjungi tersebut pada web client/komputer dengan menggunakan program aplikasi yang biasa kita kenal dengan nama web browser agar dapat mengakses data dari web server. Kemudian web browser mengirimkan request ke web server yang dikirimkam oleh HTTP. Setelah request tiba di webserver, kemudian web server menjawab request tersebut dengan mengirimkan web file yang terdapat pada web server dalam bentuk data dan informasi sesuai dengan apa yang di minta oleh HTTP Response ke web browser. Setelah sampai di web browser, maka web browser akan menamplkan semua data/file/dokument tersebut pada web client/komputer sehingga dapat dinikmati oleh user.


Keterangan :
• URL (Uniform Resource Locator) adalah alamat yang diperlukan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh suatu computer pada internet. Contoh : www.facebook.com
• Web client adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang meminta informasi. Untuk dapat mengakses web server, web client menggunakan aplikasi yang disebut Web browser.
• Web browser adalah aplikasi yang digunakan oleh web client untuk dapat mengakses web server.
• Web Server adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang memberikan informasi.
• HTTP (HyperText Tranfer Protokol) adalah protokkol yang bertugas mengirimkan perintah dari web browser ke web server serta mengirimkan file/data dari web server ke web browser.
• HTTP RESPONE adalah Protokol yang bertugas mengirimkan balasan berupa data atau informasi dari web server ke web browser
• TCP/IP adalah Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite).

0 comments:

Posting Komentar

 
Toggle Footer