Breaking News
Loading...
Selasa, 05 Juli 2011

Membuat Aplikasi Android Hello World

Selasa, Juli 05, 2011
Nah, setelah kita bisa menginstal Emulator Android di PC/Laptop kita dan melakukan integrasi eclipse dengan AVD tersebut, tentu saja hal yang ingin kita lakukan selanjutnya adalah membuat sebuah aplikasi android yang bisa dijalankan di perangkat android.

Pada tutorial kali ini, saya akan menyampaikan bagaimana cara untuk membuat sebuah aplikasi android sederhana dengan menggunakan IDE eclipse yang sudah terintegrasi dengan AVD tentunya.

Berikut merupakan langkah-langkahnya :
  1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuka IDE eclipse, kemudian pilih File > New > Android Project. Jika menu Android Project  tidak ada, kita msuk ke  Other lalu pilih Android > Android Project. 
  2. Setelah itu, akan tampil form new project dan  isikan data-data sesuai dengan gambar di bawah ini
  3. Klik Finish. dan sampai di sini kita sudah berhasil membuat sebuah project android sederhana. Muncul pertanyaan "kok ga ada ngodingya ? ". Yapp, untuk sebuah project sederhana seperti itu eclipse sudah melakukan auto-generate file langsung untuk memanggil class yang akan dijalankan. Nanti apabila kita membuat sebuah aplikasi yang lebih kompleks, baru dah tuhh kita otak-atik dan berkutat sama koding mengkoding. :)
  4. Pada project hello tersebut akan tampil hirarki seperti pada gambar di bawah. Dimana konsep yang dipakai adalah konsep MVC(Model View Controller) dimana yang melakukan penanganan terhadap proses-proses yang terjadi adalah class java nya sedangkan untuk interface\tampilannya menggunakan file .xml
  5. setelah itu kita Run projectnya dengan cara klik kanan pada project lalu pilih Run As > Android Aplication. Maka akan tampil hasil dari aplikasi yang kita buat tadi pada emulator.  
Itu tadi sedikit yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat :).

0 comments:

Posting Komentar

 
Toggle Footer